Kamis, 04 Agustus 2016

Tutorial aplikasi untuk materi Hidrokarbon

TUTORIAL HYPERCHEM
Hyperchem merupakan program atau aplikasi untuk membuat permodelan molekul yang mudah digunakan. Hyperchem ini memiliki kemampuan yaitu dapat memvisualkan molekul dalam bentuk dua atau tiga dimensi.sehingga aplikasi ini sering digemari oleh guru, dosen maupun mahasiswa kimia.
Dibawah ini akan saya jelaskan cara menggunakan aplikasi hyperChem :
1.    Nyalakan Laptop Anda   -  klik Start   -   All Program   -   HYPER6   -   HyperChem Pro 6.0.


Setelah di klik HyperChem Pro 6.0 tampilan nya akan keluar seperti gambar dibawah ini.



Klik disini untuk memulai

2.    Klik Build   -   Default Element (untuk memunculkan SPU)   -   Klik unsur yang akan dibuat.



        3.  Ini hasil setelah dipilih Atom C dan diklik pada area kerja.


        4.  Mulailah membuat struktur kimia yang dari molekul yang diinginkan, misalnya senyawa            Aromatik (yaitu hidrokarbon siklik yang membentuk rantai tertutup yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk rantai benzena).


 5.  Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya menggunakan metode Ab Intio. Klik menu Setup   -   Ab Intio hingga tercentang terus klik Ok.


 6.  Selanjutnya kita lakukan optimasi geometri terhadap bentuk molekul yang sudah dibuat. Klik menu Compute   -   Geometry Optimation    -   Ok. selanjutnyatunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged  =  Yes. (ada dibagian ststus bar, terletak dibagian bawah layar kerja HyperChem).


      7.  Apabila ingin menampilkan hasil dalam berbagai model maka pilih menu Display   -   randering - pilih (sesuai yang diinginkan).




8. Hasil dari struktur benzena

   

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar